Wisata Lombok Tengah

OBJEK WISATA DI LOMBOK TENGAH
1.    Desa Sade dan Rembitan (Rumah Khas Tradisional Lombok)
Desa ini terletak di areal perbukitan sekitar 18 km barat daya kota Praya kecamatan Pujut. Objek wisata menawarkan keaslian gaya hidup masyarakat sasak tempo dulu dengan rumah lumbung. Masyarakat setempat ahli menenun kain berupa produk songket motif lokal dijual dengan harga bersaing. Pengunjung yan tertarik menyaksikan cara pembuatan tenun songket dan ingin menikmati alam desa setempat dalam jangka waktu lama bisa berkunjung langsung. Desa rambitan/sade yang terkenal dengan rumah tradisional suku sasak. Di desa ini terdapat penyimpanan padi yang disebut lumbung. Dan Yang paling unik dari tempat ini adalah lantai nrumah yang terbuat dari kotoran hewan yang dicampur dengan tanah liat hal ini dimaksudkan untuk mengusir nyamuk atau lalat, kemudian atapnya terbuat dari jerami dan semua kamar memiliki bagian dan fungsi seperti tangganya yang berjumlah tiga buah anak tangga yang memiliki makna yang sakral bagi penduduk setempat dan ini berarti adat istiadat  serta tradisi di desa ini masih dipegang teguh.

2.    Desa Sukarara (Kerajinan Songket)
Songket merupakan kain tenun tradisional sasak yang terkenal di Nusa Tengara Barat bahkan sampai keluar daerah dan mancanegara. Souvenir ini bisa didapati di daerah objek wisata Lombok tengah atau di desa sukarara kecamatan Jonggat yang merupakan desa tempat penenun membuat kain songket ini , berlokasi sekitar 3 Km barat kota Praya. Bagi anda yang tertarik ingin mengetahui dan mengenal lebih dekat dengan bagaiman cara pembuatan songket ini anda bisa langsung berkunjung ke desa ini.

3.    Pantai Kuta (Keindahan Alami yang Mempesona)
Seperti pantai kuta di Bali, Kuta Lombok juga ramai dikunjungi wisatawan baik local maupun asing. Pada waktu-waktu tertentu, gelombang laut cukup tinggi dan cocok dimanfaatkan untuk surfing. Bila kita melangkah cukup jauh ke timur, sebuah hutan bakau kecil telah menunggu. Berperahu di sekitar hutan kecil ini sangat menyenangkan, karena gelombangnya relative kecil sehingga perahu dapat dikendalikan dengan mudah. Pantai dengan pemandangan indah alami ini terletak di desa Kuta kecamatan Pujut sekitar 27 km dari kota praya ke selatan. Air lautnya yang jernih dihuni oleh berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang bisa dinikmati dengan berenang, snorkeling atau menyelam. Berjemur merupakan aktivitas pantai yang tepat, kehangatan berjemur dibawah terik sinar matahari akan membekas di kulit anda dan akan memberikan kebahagiaan abadi. Di kawasan Kuta ini terdapat beberapa fasilitas seperti hotel berbintang hingga kelas bawah, selain itu tersedia juga beberapa restoran, warung, pemandu surfing dan pos pengamanan pariwisata.

4.    Pantai Seger (Pantai Legenda Putri Nyale)
Bila melalui garis pantai, pantai seger terletak sangat dekat dengan Kuta. Namun bila melewati jalan beraspal menjadi cukup jauh karena harus mengambil jalur memutar. Pantai seger juga dikenal sebagai pantai putrid nyale, dimana setiap tahun sekitar bulan februari diadakan ritual bau nyale. Masyarakat sekitar ramai-ramai mencari dan menangkap cacing-cacing laut yang rasanya sangat lezat. Di pantai Seger banyak banyak bukit-bukit kecil yang dapat didaki dan dari puncaknya kita bisa menikmati pemandangan sekitar yang indah.

5.    Pantai Tanjung A’an (Pantai Penuh Pesona)
Lokasi pantai ini tidak jauh dari pantai Kuta hanya 3 km kearah timurnya. Suasana alaminya indah dan pengunjung bisa menghabiskan waktu di pan